Seperti yang kita ketahui, kebanyakan anak memang susah makan sayur dan buah. Ada saja alasan anak yang selalu menolak sayuran dan buah. Rasanya yang pahit atau hambar menjadi faktor anak tidak doyan sayuran. Padahal, sayur dan buah sangat penting untuk tubuh.

Banyak asupan vitamin dari sayur dan buah yang tentunya penting untuk pertumbuhan sang buah hati. Banyak dari orang tua kemudian memilih suplemen untuk menambah asupan vitamin anak. Nah, pada artikel ini kami sudah rangkum cara mengatasi anak susah makan sayur dan buah. Tanpa perlu paksaan, buah hati bisa terbiasa makan sayur dan buah.

1. Campur sayuran dengan makanan kesukaan anak

Mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah adalah “mengelabui” buah hati. Campurkan sayur dengan makanan kesukaan anak. Cara ini bisa membuat anak secara tidak sadar mengonsumsi sayur. Misalnya, mencampur wortel atau brokoli ke nugget ayam. Anda dapat membuat sendiri nugget ayam lalu tambahkan cacahan sayuran. Pastikan cacahan sayuran tersebut cukup lembut sehingga warna asli dari sayur tidak terlihat.

2. Sediakan buah sebagai camilan anak

Ganti camilan anak dengan buah-buahan. Anda bisa berkreasi dengan membuat puding buah atau buah celup coklat. Selain digemari, cara ini bisa membiasakan anak mengonsumsi buah. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menyediakan buah biasa tanpa diolah.

3. Ubah cara memasak sayuran Anda

Mengubah cara memasak bisa membantu dalam mengatasi anak susah makan sayur. Kreasikan sayuran supaya terlihat lebih menarik untuk disantap. Anak-anak biasanya gemar makan makanan yang digoreng. Anda bisa mengkreasikan sayuran yang digoreng ala tempura. Misalnya, dengan membuat bunga kol goreng tepung.

Cara membuatnya, celupkan bunga kol dengan tepung bumbu cair, lalu goreng hingga kecoklatan. Setelah itu, sajikan bunga kol goreng dengan saus tomat. Sajian ini bisa membuat anak Anda doyan makan sayur.

4. Puji anak Anda saat mereka makan sayur

Anak tentunya akan sangat senang jika dipuji. Hal tersebut akan mendorong anak untuk terus melakukan hal yang sama. Hal ini juga berlaku saat makan, terutama sayur. Berikan pujian setiap kali buah hati bisa menghabiskan sayur di piring mereka.

5. Ajak anak Anda untuk berkreasi dengan sayur

Dengan memperkenalkan sayuran ketika sedang memasak bersama bisa membuat anak Anda menjadi doyan makan sayur. Sembari memasak, Anda bisa menyisipkan manfaat dari sayur untuk tubuh. Sementara itu, berikan beberapa penjelasan mengenai vitamin dan zat yang ada di sayuran dan buah. Biarkan anak berkreasi dengan sayur dan buah yang sesuai dengan keinginan mereka.

6. Beri contoh mulai dari diri Anda

Terkadang kebiasaan dan sifat anak akan menurun dari orangtua sendiri. Anak-anak sangat mudah untuk meniru kebiasaan orang dewasa yang ada di sekitarnya. Apabila Anda sendiri tidak menyukai sayur, maka anak juga bisa susah makan sayur dan buah. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memulainya dari diri Anda sendiri.

Demikian pula, Anda bisa memberikan contoh dengan rutin makan sayur bersama dengan anak Anda. Cara seperti ini dapat mendorong anak Anda untuk mencontoh kebiasaan makan sayur dan buah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *